Isu TKA Asing, Panglima TNI dan Rombongan Sidak Perusahaan di Morowali

Morowali, Bukan sekedar tempat tujuan wisata yang terkenal dengan Pulau Sombori yang dapat ditempuh Dengan Rental Mobil Morowali selama 3 Jam dari Bandara Maleo Morowali, Tetapi juga daerah yang merupakan ‘lumbung’ nikel dengan kualitas terbaik di Asia Tenggara dan terkenal di mancanegara.

Dengan Banyaknya Beredar Info Mengenai TKA (Tenaga Kerja Asing) Khususnya Dari China, Yang Banyak Menimbulkan Polemik di Masyarakat Akan Pemberitaan Negatif Sejumlah Kalangan yang tidak Bertanggung jawab, ditambah Beberapa Hoax yg sengaja dibuat tuk memperkeruh suasana, Pemerintah Merespon Baik Dengan Cara Melakukan Tindakan Positif tuk mengetahui Kebenarannya.

Dikutip Dari iNews.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama rombongan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah perusahaan secara random di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (14/2/2019). Kedatangan mereka bertujuan untuk meninjau langsung kondisi dan keamanan wilayah Morowali terhadap isu yang berkembang soal banyaknya tenaga kerja asing (TKA) dibandingkan tenaga kerja lokal.

Dalam sidak itu, Panglima didampingi Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Aster Panglima TNI dan Asops Panglima TNI, serta segenap pejabat daerah di Sulteng dalam sidak tersebut.

Hasil sidak dengan memeriksa tiap ruangan di lingkungan perusahaan, seperti dapur, ruang makan, musala, tempat produksi hingga wisma para pekerja, tidak ditemui hal-hal mencurigakan. Faktanya, hanya sekitar 8% TKA yang bekerja di area tersebut dan tidak berada pada posisi strategis. Perusahaan pertambangan nikel di daerah ini justru menyerap tenaga kerja lokal hingga 30.428 orang hingga akhir 2018.


Tak hanya sekedar meninjau, Panglima TNI juga berkomunikasi dengan beberapa karyawan lokal dan TKA. Rombongan bahkan makan siang bersama para pekerja dan dilanjutkan dengan salat dzuhur berjamaah.

Dalam dialog hangat antara Panglima dengan pekerja, mereka menyampaikan selama bekerja diberikan waktu untuk menjalankan ibadah. Untuk makanan juga diberi gratis dengan standard gizi yang sangat baik, di samping juga kesejahteraan bagi karyawan seperti ada fasilitas mess untuk tempat tinggal dan jaringan internet.

Lebih lanjut dalam kunjungan kerja kali ini, Panglima TNI menyampaikan ke depannya TNI akan merencanakan membangung Batalyon Infanteri 716. Karena saat ini Morowali baru memiliki 1 Kodim, yakni Kodim 1331.

"Melihat tingkat kerawanan yang cukup tinggi dari aspek pertahanan, selain membentuk sebuah Batalyon Infanteri, juga akan ada Detasemen Arhanud. Namun sebelum itu, kami akan rencanakan menggelar latihan terlebih dahulu dengan mengerahkan prajurit dari Divisi Infanteri-3 Kostrad yang berpusat di Makasar," ujar Panglima TNI.

Diketahui, Morowali merupakan ibu kota salah satu kabupaten di Provinsi Sulteng. Pusat administrasinya terletak di Kota Bungku. Daerah ini memiliki luas 3.037,04 km² dan memiliki populasi terbanyak ke-12 di Sulteng. Sektor petambangan, khususnya nikel menjadi andalan perekonomian di Morowali.

Sementara itu, Kapolri menyampaikan, pembuat dan penyebar berita bohong (hoaks) terkait isu TKA di Morowali telah ditangkap polisi. Pelaku merupakan warga asal Bogor, Jawa Barat.
Sumber: iNews.id

Nah.. Bagaimana Tanggapan teman2 Mengenai Berita ini? Apakah masih ada kekeliruan didalamnya? ataukah terjawab sudah pertanyaan selama ini?
Boleh sampaikan pada komentar di Bawah..

Salam Hangat..
Rental Mobil Morowali

Artikel Terkait

Komentar

  1. Di IMIP, kawasan perusahaan tambang Morowali, ada puluhan ribu TKA.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Dari Morowali Menuju Poso Dan Palu, Sulawesi Tengah

Sewa motor Termurah, Hanya 35 Ribu Per Hari

2 Rekomendasi Hotel dan Penginapan Terbaik Di Morowali

Banyak Jalan Menuju Morowali

Tarif Sewa Mobil Dari Bandara Maleo, Morowali